Grafik

Jumat, 02 Januari 2015

surga kecil di ujung timur pulau Flores (ADONARA)

Adonara - Bani
secara administratif, termasuk kabupaten flores timur, propinsi nusa tenggara timur, Indonesia. Adonara merupakan salah satu dari tiga pulau utama pada kepulauan di kabupaten Flores Timur. Adonara merupakan salah satu kerajaan yang didirikan pada tahun 1950. keindahan pantai tak hanya dimiliki oleh bali atau pulau dewata. di nusa tenggara timur, terdapat banyak lokasi yang menyimpan sejuta pesona. pantai neren wato tena, terbilang masih perawan karena terletak jauh dari kota kupang. pesona laut biru yang menggoda dan ditambah formasi batuan unik yang menambah eksotiknya pantai ini.

secara umum masyarakat di pulau Adonara bertani, karena kondisi geografisnya, petani disini adalah petani lahan kering. hasil utama dari pertanian ini adalah : jagung, ubi atau singkong serta tanaman perkebunan seperti kelapa, tembakau, vanili, coklat dan cengkeh.

pariwisata di pulau adonara belum berkembang dan belum terekploitasi, tetapi din satu sisi, hal ini menyimpan berkah selama perjalanan dan ingin menikmati alam yang benar-benar masih perawan. wisata alam yang ditawarkan di adonara cukup beragam, mulai gunung sampai pantai ada. pulau adonara, mempunyai banyak pantai dan bahkan belum diberi nama yang jelas dan belum diurus layaknya tempat wisata.

MENGAPA SAYA HARUS KESANA...?

Adonara - Lewo buto
senang berjalan menyusuri pantai...? anda akan dimanjakan dengan bentangan pasir putih hingga tujuh kilometer, sungguh ciptaan Tuhan yang rugi kalau tidak dinikmati. namun sayang, wisata neren watotena ini sulit dijangkau dari pusat kota. watotena dalam arti bahasa indonesia adalah kapalbatu, pantai ini berada di garis pantai adonara timur dengan pasir putihnya pantai ini di penuhi oleh batuan besar seperti kapal,. saat ini pantai watotena ini dikelola oleh warga asli setempat.

banyak turis yang datang ke adonara sebagai tambahan wisata saat mengikuti acara samana santa saat perayaan paskah di larantuka. ada juga traveller yang sengaja transite sebelum pergi ke desa pemburu ikan paus di pulau kembata. dengan usaha sedikit menembus hutan dan jalanan yang berbatu, kita tidak akan menyesal karena pantai pasir putih adonara akan menyambut anda.

Adonara - wato tena
karena pulau ini tidak terlalu luas, kita dapat menikmati banyak pantai dalam waktu singkat. akan tetapi, tidak disarankan untuk snorkling ataupun diving disini. larangan ini ada karena lepas pantai yang ada di antara pulau flores dan lembata ini banyak terdapat pusaran arus dah arus bawah yang deras. tidak hanya itu, pulau adonara terdiri dari desa-desa yang indah dan makmur. tempat wisata atau tempat rekreasi yang sangat indah, bersih, nyaman dan tertata secara tradisional. pantai-pantai di selatan pulau adonara itu menjadi pilihan wisatawan domestik sambil menikmati gemuruh lalu lintas kapal-kapal motor yang mengangkut penumpang dari larantuka ke lewoleba ataupun sebaliknya.

pulau adonara terasa begitu indah ketika menjelang senja, saat sang surya beranjak ke peranduannya, hembusan angin pantai yang menghempas dedaunan kelapa di pantai itu, membuat nyiur seakan-akan melambai lambai.

BAGAIMANA CARANYA SAYA KESANA...?

Adonara - Terong
akses untuk menujuh ketempat ini tidak terlalu sulit., kita harus terlebih dulu transit di Kupang ataupun Maumere. Jika waktu menjadi salah satu pertimbangan, Anda dapat langsung melakukan perjalanan menggunakan penerbangan pesawat Transnusa ataupun Susi Air yang terbang langsung dari Kupang ke Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur., kemudian untuk menujuh ke pulau Adonara kita harus menggunakan kapal motor (jalur laut) untuk sampai di kota kecamatan adonara timur yaitu waiwerang kurang lebih 2 jam perjalanan, setelah itu untuk menujuh ke pantai wato tena kita bisa mengunakan jalur darat berupa mobil atau bemo angkutan umum sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai di pantai wato tena yang berada di desa bunga lawa kecamatan ile boleng.

BAGAIMANA DENGAN AKOMODASINYA...?

jangan berharap ada gerbang masuk tempat wisata yang layak disertai berbagai fasilitas, seperti makanan dan minuman. semuanya harus disiapkan sendiri. infrastruktur jalanan di wilayah ini cukup baik, walaupun belum mencakup seluruh daerahnya. pilihan homestay di rumah warga adalah pilihan yang terbaik.

KAPAN SEBAIKNYA SAYA KESANA...?

waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau adonara adalah bulan MEI-AGUSTUS

PERSIAPAN SEBELUM KESANA...?

Adonara - Wai taga
  • sangat bijak ketika anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • cream pelindung hendaknya selalu dibawa karena udaranya disana cukup panas walaupun hembusan anginnya cukup dingin
  • anda juga perlu membawa anti nyamuk
  • gunakan pelindung kaki yang simple dibawa untuk menghindari banyaknya bulu babi di pantai
  • snak atau cemilan

2 komentar: